Mengenal 4 Jenis Layar Hp Terbaik, No 3 Paling Kuat

Layar HP yang kau gunakan dikala ini kurang besar lengan berkuasa dan mudah retak? Lalu, jenis layar apa saja yang paling cocok untuk kamu?

Smartphone dikala ini saling beradu untuk menjadi yang terbaik, entah dari kualitasnya ataupun harga yang paling terjangkau. Nah, salah satu komponen yang diperhatikan ialah teknologi layar kaca.

Kamu sanggup menemukan majemuk tipe kaca pada layar HP yang masing-masing memiliki kelebihan. Apa saja tipe layarnya?

Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Jenis Layar Kaca HP Terbaik, Ini yang Paling Kuat!

Smartphone merupakan salah satu gadget yang paling sering dibawa lantaran fungsinya yang sangat penting. Selain untuk berkomunikasi, kau juga sanggup melakukan fotografi hanya dengan menggunakan HP.

Hal ini pun berakibat banyaknya kasus HP jatuh atau terbentur, sehingga terjadi kerusakan di sebagian bodinya. Apalagi jikalau benturan pada penggalan layar yang terbuat dari kaca.

Maka dari itu, diperlukan kiprah teknologi kaca atau pelindung yang tepat untuk melindungi dari duduk kasus benturan atau goresn benda tumpul. Saat ini, sebagian besar kaca yang digunakan pada smartphone merupakan kaca khusus.

Teknologi kaca ini sanggup mengatakan pertahanan terhadap gesekan hingga benturan tertentu. Jenisnya pun sangat majemuk dan dikembangkan oleh perusahaan yang berbeda.

Apa saja jenis kaca tersebut dan mana yang paling aman? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Dragontrail Glass


Selanjutnya ialah Dragontrail Glass yang dikembangkan dan diproduksi oleh Asahi Glass Co. Kaca ini diproduksi menggunakan teknologi alkali-aluminosilicate.

Sama ibarat Gorilla Glass, kaca ini tipis dan tahan akan benturan tertentu. Dragontrail Glass memiliki sejumlah varian kaca, di antaranya ialah Dragontrail, Dragontrail X, dan Dragontrail Pro.

Untuk mengetahui seberapa besar lengan berkuasa kaca ini, Jaka berikan perhitungan melalui Vickers hardness test.

Dragontrail Glass berada pada urutan 595 hingga 673 dari seluruh benda keras di bumi. Walaupun cukup baik dalam penggunaannya di HP, sayangnya teknologi ini sangat jarang digunakan.

Kamu sanggup melihat penerapan kacanya pada HP Google Pixel 3a and Pixel 3a XL.

2. Tempered Glass


Siapa yang masih absurd dengan nama Tempered Glass ini?

Jaka yakin kau sering mendengarnya ya, geng. Apalagi dikala membeli anti gores untuk perangkat. Teknologi kaca ini juga sempat digunakan sebagai layar kaca HP.

Tempered Glass memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan kaca biasa. Walau begitu, jenis kaca ini lebih ringkih dibandingkan dengan teknologi kaca lainnya dalam daftar.

Tempered Glass lebih dikenal sebagai pelindung komplemen HP yang cukup baik dan memiliki harga relatif terjangkau.

Namun, menggunakan jenis pelindung komplemen ini berisiko menurunkan sensitifitas sentuhan layar. Terutama penggunaan pada HP yang memiliki sensor fingerprint di layar.

3. Gorilla Glass 


Pertama ialah Gorilla Glass yang dikembangkan oleh Corning. Jenis kaca ini menggunakan teknologi penguat dari bahan kimia yang dipercaya sanggup menghasilkan kaca yang tipis dan tahan benturan. 

Pembuatan kaca ini memanfaatkan proses ion-exchange yang akan memperkuat kaca, kemudian dipanaskan kembali dengan gabungan garam hingga mencapai suhu 400 derajat Celcius. 

Saat ini, Gorilla Glass sudah berada pada generasi keenamnya yang diluncurkan tahun 2018 lalu. Teknologi pada Gorilla Glass 6 sanggup bertahan dari 15 kali jatuh dalam tinggi satu meter. 

Kaca ini juga didesain dengan mengoptimalkan kejernihan layar dan sensitif terhadap sentuhan. Tak lupa juga dengan santunan untuk pengisian baterai secara wireless. 

Teknologi kaca milik Gorilla Glass ini digunakan oleh secara umum dikuasai smartphone modern ibarat Samsung Galaxy S10, Huawei P30, dan lainnya. 

4. Sapphire


Terakhir ialah kaca Sapphire atau safir yang digunakan pada aneka macam perangkat premium. Jenis kaca ini sangat mahal tapi memiliki ketahanan yang luar biasa akan benturan dan goresan.

Layar safir dibuat menggunakan gabungan corundum yang dicairkan dengan sejumlah batu safir, kemudian dipanaskan hingga suhu 2200 derajat Celcius.

Hasilnya, kaca ini akan menjadi sangat jernih dan besar lengan berkuasa dengan goresan. Bahkan jenis kaca ini merupakan salah satu benda paling keras di dunia selain berlian dan moissanite.

Kamu sanggup menguji durabilitas kaca ini melalui Apple Watch ataupun HP HTC U Ultra.

Mana Layar Kaca HP yang Paling Kuat?

Melalui empat macam kaca yang digunakan pada HP, maka kau sanggup mengetahui mana kaca yang paling besar lengan berkuasa dan mana yang paling 'tahan banting'?

Sapphire tentu menjadi jenis yang paling besar lengan berkuasa dan tahan dengan goresan. Namun, harga yang ditawarkan untuk menggunakan kaca ini sangat mahal.

Sedangkan, Gorilla Glass dan Dragontrail Glass saling bersaing untuk menciptakan layar kaca yang terbaik. Keduanya memiliki ketahanan yang baik dan harga relatif terjangkau.

Teknologi kaca akan terus berkembang dan semakin canggih. Bahkan, kini sudah ada isu bahwa akan ada layar kaca HP yang sanggup 'menyembuhkan diri' alias sanggup kembali normal sehabis terkena goresan.

Dikutip dari The Guardian, kaca ini dibuat dari polyether-thioureas yang dikembangkan oleh Professor Takuzo Aida dari University of Tokyo.

Sayangnya, kaca ini masih dalam pengembangan dan belum dirilis secara komersil. Menarik bukan!
Akhir Kata

Itu ia jenis layar kaca HP terbaik dan paling besar lengan berkuasa dari benturan. Jenis kaca apa yang paling kau percayai, geng?

Tuliskan pendapat kau di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

0 Response to "Mengenal 4 Jenis Layar Hp Terbaik, No 3 Paling Kuat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel