Aplikasi Android Bisa Kendalikan Pesawat



       Seorang konsultan keamanan digital bernama Hugo Teso asal Jerman memberikan bagaimana sebuah aplikasi Android yang beliau kembangkan  dapat digunakan untuk mengambil alih kendali pesawat komersial.

Dalam sebuah forum keamanan
digital Hack in the Box di Amsterdam, Belanda, Teso membawa jurnal ilmiah berjudul Aircraft Hacking: Practical Aero Series. Ia memberikan aplikasi yang sanggup mengekstrak gosip penting dari sistem pesawat terbang. Bahkan, aplikasi itu sanggup digunakan untuk mengendalikan pesawat.

Aplikasi itu diberi nama PlaneSploit yang dijalankan Teso dalam ponsel bakir Samsung Galaxy. Berikut ini ialah tampilan aplikasinya:



"Presentasi ini akan menjadi demonstrasi gampang perihal bagaiamana mengambil alih kontrol penuh pesawat terbang dari jarak jauh, untuk menawarkan hasil dari tiga tahun penelitian saya di bidang keamanan penerbangan," tulis Teso dalam absurd jurnal ilmiahnya.

Caranya, sanggup dilakukan dengan masuk ke sistem kemudi pesawat secara nirkabel, atau sanggup juga dengan membuat sistem rencana perjalanan lain, yang kemudian diunggah ke dalam sistem milik aplikasi khusus itu.

Ia sanggup memanipulasi kemudi dari pesawat jet Boeing sementara pesawat itu dalam modus "autopilot."

Teso, yang sempat dilatih sebagai pilot, memberikan bahwa beberapa sistem pesawat ada yang tidak terenkripsi dan tidak aman. Ia mengetahui jalan masuk ke sistem itu sehingga sanggup mengendalikan pesawat.

Apa yang dijelaskan Teso ini belum diuji coba secara eksklusif di pesawat yang membawa penumpang ke suatu tempat. Ia lebih memilih untuk menguji di sebuah laboratorium sistem pesawat. Ia juga tak akan mendistribusikan PlaneSploit kepada umum. 


Source : tekno.kompas.com (12 April 2013)

0 Response to "Aplikasi Android Bisa Kendalikan Pesawat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel