Casing Computer Dan Jenis - Jenisnya

Casing Komputer dan Jenis-Jenisnya




     Casing Komputer adalah kotak atau rumah komputer yang merupakan  tempat meletakan Processor (CPU), Motherboard dan peranti2 lain. Casing juga memiliki kegunaan sebagai kawasan untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.
Selain itu dengan menggunakan casing, komputer kita jadi terlihat menarik dan rapi. Bayangkan apabila anda memiliki komputer tanpa casing, maka hanya akan terlihat komponen yang semerawut. 

1. Melindungi berbagai komponen yang ada di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya. Selain itu juga mampu melindungi dari benturan2 fisik yg kita tidak inginkan.
2. Casing juga begitu penting lantaran hampir semua hardware menyerupai prosessor, motherboard, DVD drive, dan hard disk menggunakan casing ini sebagai kawasan pertolongan serta kawasan meletakkannya di slot-slot tersendiri di setiap ruang casing yang tersedia. Tentu hal tersebut akan merapikan komputer kita.
3.  Pada casing juga terdapat Exhaust fan yang berfungsi sebagai pembuangan panas yang dihasilkan komponen CPU sehingga komponen tersebut akan lebih dingin.
4. Casing juga memiliki kiprah penting yaitu sebagai kawasan dudukan power supply yang mengatakan tenaga buat semua komponen.
5. Menghindarkan pengguna dari ketidaksengajaan tersentuh komponen komputer yang mampu mengakibatkan pengguna kesetrum.

A.Casing Desktop

   Casing desktop ialah casing yang berbentuk menyerupai kotak  yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm. Secara umum casing desktop dijadikan pola monitor sehingga didesain dengan lebih kuat dan direbahkan. Casing ini pada umumnya dilengkapi dengan speaker, power supply, dll.

B. Casing tower

   Casing tower biasanya dipakai secara berdiri, memiliki ruang yang lebih luas sehingga komponen didalamnya tidak cepat panas dan dengan ruang yang lebih luas tersebut, para perakit akan simpel untuk menambahkan komponen lain menyerupai memasang VGA card yang membutuhkan ruang lebih. 

Pada umumnya casing tower terdiri dari :

 1. Mini tower
   Casing mini tower dan midle tower bekerjsama tidak terlalu berbeda. Yang membedakan hanya ukurannya dimensinya saja. Sesui namanya mini tower tentunya memiliki ukuran dimensi yang lebih kecil dibandingkan midle tower.

 2.Midle Tower
     Casing midle tower ukurannya lebih besar dan ruang di dalamnya lebih luas dari casing mini tower. Casing midle tower merupakan jenis casing komputer yg paling banyak dipakai di pasar rakitan Indonesia . Di pasaran casing ini  juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power , lampu indikator hard disk dan kabel-kabel lampu, tapi untuk fan mungkin optional, tergantung jenis segment casing komputer yang dipilih.

3. Mini ITX
     Casing komputer jenis ini ialah casing yang paling kecil diantara semua jenis casing tower. Beberapa casing ITX memiliki dimensi hanya 15 x 15 x 30 cm saja. Casing ini banyak dipakai untuk penggunaan sistem komputer yang minimum menyerupai dipakai untuk media center.

   

0 Response to "Casing Computer Dan Jenis - Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel